(III) Kenangan Mega Project: Kejutan Pagi Hari 

Standard

Saya ini orang yang kepo. Saya membaca setiap nama e-mail yang diberi tembusan invois pada keesokan paginya, dan mengenali beberapa di antaranya sebagai beberapa nama penerjemah yang rajin malang melintang di Bahtera. Saya merasa sangat terhormat bisa bergabung di tim ini karena saya orang yang hampir tidak pernah bergaul dan malas menulis atau pun mengomentari apa pun di Bahtera. Saya pun sampai hampir lupa melihat angka yang dituliskan dalam invois tembusan ….

USD $4,000 sekian.

Melanjutkan kepo, saya coba-coba tanya kepada sang Bunda, berapa sih sebenarnya jumlah kata yang kita bicarakan ini? Totalnya berapa? Proyeknya berasal dari mana? Bunda mengeluarkan angka yang sangat fantastis, SATU JUTA KATA SUMBER, dengan bayaran 6 sen dolar per kata. Tenggatnya sangat ketat, karena itu butuh banyak orang. Dan saya dianggap sebagai salah satu yang superior karena kerja saya sungguh cepat sekali. Saya tidak biasa dipuji apalagi untuk brute force, tapi akhirnya saya paham bahwa in this case, brute force is all that I needed. Dan kemudian saya akhirnya mengetahui nama agensi penerjemahan yang memberi proyek ini – sebut saja namanya agensi Z.

Oh iya, saya lupa bilang bahwa materi terjemahan ini susah-susah gampang: pariwisata dan perhotelan. Materi ini menyenangkan untuk digarap karena saya cenderung berkhayal dan membayangkan lokasi serta posisi hotel/fasilitas yang dituliskan, dan saya merasa pengetahuan saya mungkin bisa bertambah. Jadi selama itu saya selalu mengerjakan materi dengan gembira, walaupun Trados 2007 bajakan selalu memberi jatah crash hariannya dan punggung saya mulai terasa panas karena saya terus-terusan mengetik. Tapi saya terus memikirkan uang yang bisa saya peroleh dari pekerjaan ini, kemungkinan bahwa saya bisa mengerjakan sepersepuluhnya saja dari satu juta kata membuat saya senang.

Setelah satu kali pengerjaan, datang gerombolan pekerjaan berikutnya sekitar satu bulan kemudian, dan kemudian Bunda mengumumkan bahwa agensi Z meminta harga diturunkan ke 4 sen dolar. Bunda menanyakan kesediaan kami semua untuk terus mengikuti proyek ini (waktu itu suami saya sudah tidak ikut dalam tim karena dia ingin mengejar karier sebagai juru bahasa). Saya sendiri tidak masalah dengan penurunan harga itu karena saya tahu bahwa kecepatan menerjemahkan akan menjamin besarnya jatah bayaran saya. Lagian, dari Rp. 7.500,00 per halaman (agensi X) kemudian 2 sen dolar per kata (agensi Y), mosok saya bodoh menolak 4 sen dolar dari agensi Z? Saat itu saya belajar untuk menjadi realistis. Empat sen dolar dengan keberlanjutan itu besar dibandingkan 6 sen dolar yang hanya sesaat. Akhirnya saya memutuskan untuk melanjutkan pekerjaan ini, beserta dengan dua belas orang lainnya itu.

Keadaan mulai serius ketika Bunda mulai merekomendasikan saya untuk pekerjaan lain. Kerja lain ini adalah menerjemahkan game yang sangat terkenal di Facebook waktu itu – Mafia Wars. Sampai saat ini, pekerjaan yang satu itu merupakan my pride and joy, dan sampai sekarang saya masih bangga akan beberapa terjemahan yang saya buat untuk game itu. Bayaran pekerjaan ini terbilang sangat tinggi untuk saya waktu itu, 8 sen dolar per kata, dan si pemberi pekerjaan selalu membayar tepat waktu.

Sedangkan agensi Z mulai terlambat membayar, dengan alasan ini itu.

Saya selalu begadang hingga dini hari untuk menyelesaikan pekerjaan game ini, ditambah dengan fakta bahwa si bos klien selalu online pada waktu Amerika Serikat, sehingga saya tidak bisa tidur tenang sampai saya tahu bahwa dia sudah memeriksa pekerjaan saya … pada pukul 3 dini hari waktu Indonesia Bagian Ngantuk Maksimal. Jadi saya tidak terbiasa lagi bangun pagi. Sehingga ketika Bunda senior menelepon saya jam 9 pagi pada bulan Februari 2011, syoknya itu terasa bagaikan kena sambar burung kondor lapar.

Telepon Bunda itu bunyinya sederhana, “Maria, check your e-mail please.

 

 

 

Leave a Reply

